MOBIL PALING AWAL DI INDONESIA

BENZ PHAETON, MOBIL PALING AWAL DI INDONESIA

Sunan Paku Buwono ke X, dari kesunanan Surakarta Hadiningrat.
Raja yang satu ini memang dikenal nyentrik , beliau membeli mobil bermerek Benz Phaeton, pada th 1894 dari John. C .Potter seorang salesman mobil dari Eropa setelah indent setahun , mister ini juga yg mengurus segala pembayaran dan pengiriman mobil ini dari Jerman .



Karena Pakubuwono X belum bisa menyetir, akhirnya didatangkan juga seorang supir dari Eropa .Konon semua yg beliau lakukan ini semata-mata karena gengsi, agar bisa menyaingi kereta kencana Gubernur jendral Belanda yang kudanya ada 8 ekor, yaa hal yang benar-benar spektakuler di masa itu , para pejabat gubernemen Belanda sampe melongo melihat kelakuan raja solo yang satu ini .


Oleh para abdi dalem Keraton solo , mobil ini sampai dinamakan kereta setan , karena kereta yang bisa berjalan sendiri tanpa dihela kuda , inilah yang membuat Pakubuwono X seperti Syahrini jaman now , dengan mobilnya beliau hilir mudik mengitari keraton solo dan benteng Vastenburg di depan keraton tiap akhir pekan , yang membuat para serdadu Belanda merasa iri dan sewot , tapi tak bisa berbuat apa-apa karena Raja solo yang satu ini memang terkenal kaya raya waktu itu.
Alhasil pada th 1924 mobil beliau diikutkan pameran otomotif di Belanda , tapi tidak dikembalikan lagi ? ( Tidak ada keterangan yang resmi yg bisa menjelaskan kenapa ini terjadi ), mungkin th itu beliau sudah memiliki mobil baru yg lain.
Mungkin ini Tak akan terrcatat dalam buku sejarah bahwa seorang raja Jawa bisa mengalahkan para gubernur jenderal Belanda , bahkan raja Thailand membeli mobil pertamanya pada th 1904 dan lebih lucu lagi baru th 1896 atau dua tahun dari 1894 orang Belanda mempunyai mobil yg pertama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*